Menu

Cara Membuat Sate Kambing Empuk

http://tisnasubekti11.blogspot.com/2012/09/cara-membuat-sate-kambing-empuk.htmlSaat menikmati hidangan sate kambing, terkadang kita mendapati daging yang masih alot, meskipun telah matang. Bagaimana cara membuat sate kambing empuk?
Apakah ada cara untuk membuat daging kambing menjadi empuk? Sebenarnya banyak cara membuat daging kambing untuk sate menjadi empuk. Berikut saya berikan beberapa tips, cara membuat sate kambing empuk dan enak:


Menggunakan tepung kanji : Sebelum dibakar, daging sate yang sudah ditusuk bisa dilumuri dengan sedikit tepung kanji. Diamkan kurleb 15 menit. Kemudian goyang-goyang sebentar untuk menghilangkan tepung kanjinya sebelum sate mulai dibakar

Menggunakan daun pepaya : Cuci daging hingga bersih, lalu bungkus daging yang belum ditusuk dengan daun pepaya. Diamkan selama kira-kira 20 menit. Setelah itu daging tidak perlu lagi dicuci, tetapi langsung ditusuk dan dibakar

Menggunakan air kelapa : Setelah daging dicuci bersih, rendam dalam air kelapa kira-kira 20 menit. Daging yang direndam dalam air kelapa selain menjadi empuk, juga hilang bau amisnya, dan lebih gurih rasanya.

Menggunakan nanas parut : Merendam daging dalam parutan nanas memang efektif membuat daging menjadi empuk, namun yang perlu kita ingat adalah kita tidak boleh merendam daging terlalu lama karena malah akan membuat daging menjadi hancur.

Beri bumbu sebelum dibakar/dipanggang.Membakar sate tidak boleh terkena api secara langsung karena akan membuat daging menjadi keras. Selain itu juga menyebabkan bau 'sangit'. Cukup gunakan bara api yang merah membara. Bila api menyala, kipas-kipaslah. Usahakan daging jangan sampai gosong (terlalu matang), cukup sampai daging berubah warna saja.

Mudah kan, cara membuat sate kambing empuk?
Cara membuat daging menjadi empuk di atas bukan hanya untuk daging kambing saja, tetapi juga bisa untuk daging-daging lainnya.
Selamat mencoba...

1 komentar: